PROGRAM

Pembaharuan terakhir 2018-07-27 11:16:16 330 hits

A.  ProgramKeislaman

Program keislaman SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosarimeliputi pembinaan akhlak intensif, performa/ketrampilan keagamaan(khitobahmimbariah), Tahsinul Qur’an, Tahfidzul Qur’an, dan Tahfidzul Hadits.

1.   PembinaanAkhlak Intensif

Program pembinaan akhlakintensif adalah program pembentukan karakter dan kepribadian siswa yangmemiliki kebiasaan emas (golden habbits) dengan strategi pelaksanaansebagaiberikut:

  1. Membiasakan sholat wajibberjama’ah di sekolah yaitu sholat Dhuhur, sholat Jum’at, dan sholatAshar.
  2. Membiasakan sholat lail/tahajudminimal 1 kali dalam seminggu bagi siswa yang ada di asrama maupun yangbukan.
  3. Membiasakan sholat sunah setiaphari seperti sholat dhuha berjama’ah sebelum kegiatan belajarmengajar dan shalat rawatib.
  4. Membiasakan puasa sunnahminimal 6 hari bulan Syawal, puasa Arofah, dan puasa Asyura.
  5. Membiasakan tadarus al-Qur’an minimal 1 halaman setiaphari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).
  6. Membiasakan membaca buku nonbuku pelajaran/literasi minimal 2 kali dalam seminggu .
  7. Membiasakan siswa terbiasamengikuti pengajian di masyarakat sekurang-kurangnya sekali dalamsebulan.
  8. Membiasakan siswa kegiatanberinfaq setiap hari Jum’at, dan infaq botol yang dikumpulkan setiapakhirbulan.
  9. Melakukan pendampingan program goldenhabbits Islami
  10. Melaksanakan program senyum,salam, sapa, sopan, santun di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah.
  11. Melakukan evaluasi ibadah danperilaku setiap minggu sekali dilakukan oleh wali kelas, bimbingankonseling, dankesiswaan.

2.   Performa/KetrampilanKeagamaan (Khitobah Mimbariah)

Program performa/ketrampilankeagamaan (khitobah mimbariah) adalah program pendampingan kepadapeserta didikdengan target bahwa selama belajar 3 tahun di SMA MuhammadiyahAl-MujahidinWonosari siswa mampu melakukan performyang terkait dengan kegiatan mimbariah seperti kultum, khutbah, imamdll denganstrategi pendampingan sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pembelajarankhitobah mimbariah pada jam kegiatan belajar mengajar selama 3 tahun.
  2. Melaksanakan praktik khitobah mimbariah denganpendampingan guru mata pelajaran khitobah mimbariah selama 3 tahun.
  3. Membekali peserta didik gerakankhitobah mimbariah selama 3 tahun.
  4. Membekali ketrampilan keagamaan(kultum intensif, khutbah Jum’at, bimbingan menjadi imam).
  5. Mengadakan kegiatan Da’i hijrahdengan cara siswa melakukan Da’i hijrah di lingkungan masyarakatGunungkidulpada saat momentum Ramadhan dan hari libur lain yang memungkinkandilakukanuntuk dakwah.

3.   Tahsinul Qur’an

Tahsinul Qur’an adalahprogram bimbingan untuk memperlancar bacaan al-Qur’an. Sekolah akanmemberikanbimbingan tahsin kepada seluruh siswa melalui metode sima’i, metodemembaca secara jama’i, dan mempunyai guru pendamping membaca al-Qur’an.Tahsinul Qur’an secaraintensif dilakukan sebelum dan setelah kegiatan belajar mengajardilakukan.

4.   Tahfidzul Qur’an (1-5Juz)

Program tahfidzul Qur’an adalahprogram pemberian bimbingan menghafal al-Qur’an yang ditargetkan dalamwaktu 3tahun belajar di SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari. Siswaditargetkan dapathafal 1-5 juz dengan strategi sebagai berikut:

  1. Memetakan 1-5 juz Al-Qur’an dengan target hafalan selama 3tahun.
  2. Melakukan hafalan setiap haripada jam KBM Tahfidz dengan strategi tikraratau pengulangan.
  3. Melakukan muraja’ah setiap harisebelum kegiatan belajar mengajar.
  4. Menyiapkan guru pembimbingdengan rasio pembimbing : siswa adalah 1:2 

5.   Tahfidzul Hadits (100Hadits Pilihan)

Program tahfidzul Hadits adalahprogram pemberian bimbingan menghafal Hadits pilihan yang telahditentukan olehguru pembimbing dengan target dalam waktu 3 tahun belajar di SMAMuhammadiyahAl-Mujahidin Wonosari dapat hafal 100 hadits pilihan dengan strategisebagaiberikut:

  1. Memetakan 100 hadits pilihanuntuk target selama 3 tahun.
  2. Melaksanakan metode tikrar dalam pelaksanaan programtahfidzul hadits yang dilaksanakan pada jam Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) selama 3 tahun.
  3. Muraja’ah/mengulang hafalan haditssebelum sholat fardhu di sekolah.
  4. Melaksanakan lomba tahfidzulhadits dalam kegiatan classmeeting.

B. ProgramAkademik       

1.   Pemberian bimbingan khusus pada peserta didik (KlinikAkademik)dimulai sejak kelas X diluar jam kegiatan belajar mengajar.

2.   Pemberianbimbingankhusus bagi siswa setiap menjelang PAS, PAT, dan USEK

3.   Pemberianbimbingan khusus bagi siswa berprestasi dengan metode memetakan sesuaidengankemampuan dan minat peserta didik. Bimbingan yang diberikan adalah:

  • Bimbingan OlympiadeSains (OSN)
  • Bimbingan MTQ

Program pendampingan MTQ dan OSN adalah program pelayanansekolahterkait dengan pendampingan prestasi akademik siswa di SMA MuhammadiyahAl-Mujahidin Wonosari. Strategi pelaksanaan program tersebut adalah:

  • Memetakan kemampuan akademik siswa dalam bidang MTQdan OSN
  • Membekali siswa bidang MTQ dan OSN minimal sekalidalam seminggu.
  • Melaksanakan pendampingan secara intensif minimaltiga kali dalam seminggu selama sebulan sebelum kompetisi dilaksanakan.
  • Menyiapkan guru pembimbing yang kompeten bidang MTQdan OSN.
  • Mengikutsertakan siswa dalam perlombaan bidang MTQdan OSN di tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, dan nasional.
4.   Pemberiansukses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK):
  • Bimbingan belajar 6mapel UN sesuai jurusan peserta didik (Matematika, Bahasa Inggris,BahasaIndonesia, Mapel jurusan IPA (Kimia, Biologi, Fisika), dan MapelJurusan IPS(Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi)
  • Bimbingan sukses UNdimulai sejak semester gasal secara intensif setelah jam kegiatanbelajarmengajar.

5.   Pemberianbimbingan SBMPTN bagi siswa yang berminat melanjutkan ke jenjangPerguruanTinggi bekerjasama dengan Lembaga Bimbingan (Ganesa Operation) denganmetode:

  • Pemberian lesmateri-materi SBMPTN dimulai semester gasal kelas XII
  • Mengadakan try outsoal-soal SBMPTN dalam rangka persiapan tes PMB 

C. Program NonAkademik

Program non akademik di SMA Muhammadiyah Al-MujahidinWonosari meliputi bidangseni musik, seni kriya, batik, dan ketrampilan menjahit.

1. Seni Musik

Seni musik adalah programketrampilan untuk menampung bakat dan minat peserta didik di bidangmusik dandiarahkan kepada musik islami yang mengandung nilai dakwah. Strategi yang diberikan untuk tahun pelajaran2017/2018 adalah sebagai berikut:

  • Memetakan bakat dan minat siswa kelas X rintisan AlMujahidin di bidang musik.
  • Memfasilitasi peserta didik dengan menyediakan gurupembimbing yang kompeten dalam bidang musik.
  • Melaksanakan program seni musik pada jampengembangan diri/ekstrakurikuler secara intensif.
  • Menampilkan perform siswa pada event yangdilaksanakan oleh persyarikatan, sekolah, masyarakat dalam bentukpengajian,syawalan, pamitan haji dll.
  • Mengikutsertakan siswa pada perlombaanFLSSN/perlombaan lainnya di bidang seni musik di tingkat kabupaten,propinsi,dan nasional.
  • Memfasilitasi kreatifitas siswa dalam bentukpembuatan video klip, cipta lagu, dll.
  • Musik digunakan media dakwah dengan menampilkankreatifitas siswa dalam rangka sukses PPDB yaitu perform di sekolahSMP/MTs,maupun sosialisasi ke masyarakat khususnya Gunungkidul sebaga mediapublikasi SMAMuhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari.

2. Seni kriya

Seni kriya adalahketrampilan yang diberikan kepada peserta didik kelas X sampai denganXIIdengan dibekali ketrampilan pengolahan bahan limbah dan daur ulangsampahdijadikan barang yang bernilai seni dan nilai jual tinggi. Produk yangdihasilkan dalam seni kriya ini antara lain : aksesoris, loker, kaplampu,kostum karnival, ukir kayu, dll.

3. Batik

Ketrampilan batikdiberikan kepada peserta didik untuk melatih kreatifitas dalam halmembuatbatik tulis. Hasis karya yang diperoleh adalah kain batik yang siapuntukdiproduksi menjadi busana, sapu tangan batik, kaos batik, dll.

4. Ketrampilan menjahit

Ketrampilan menjahitdimulai dari desain sampai dengan produk busana. Ketrampilan menjahitdiberikansiswa melalui mata pelajaran PKWU yang didapatkan mulai kelas X. SMAMuhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari memberikan fasilitas berupasertifikatketrampilan menjahit yang diberikan melalui ujian ketrampilan menjahitbekerjasama dengan lembaga BLK (Balai Latihan Kerja) KabupatenGunungkidul.

6.  ProgramEkstrakurikuler

Program ekstrakurikuler merupakan program pengembanganbakat dan minat siswa, dilaksanakan pada jam setelah kegiatan belajarmengajar.Peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang bertujuanmemberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan danmengekspresikandiri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiap peserta didik sesuaidengankondisi SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari.

Ekstrakurikuler yang berupa kegiatan penyaluranbakat dan minat di SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari terdiri atasEkstrakurikuler Wajib dan Ekstrakurikuler Pilihan sebagaimanadijelaskan padatabel di bawah ini:

Program ekstrakurikuler merupakan program pengembanganbakatdan minat siswa, dilaksanakan pada jam setelah kegiatanbelajarmengajar.Peningkatan kualitas kegiatan ekstra kurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang bertujuanmemberikankesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkandanmengekspresikandiri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, setiappeserta didik sesuaidengankondisi SMA Muhammadiyah Al-MujahidinWonosari.

Ekstrakurikuler yang berupa kegiatan penyaluranbakat dan minatdi SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari terdiri atasEkstrakurikulerWajib dan Ekstrakurikuler Pilihan sebagaimanadijelaskan padatabel dibawah ini:

No Ekstrakurikuler Wajib/Pilihan Alokasi Waktu
  EkstrakurikulerWajib  
1. BTA (Baca Tulis Al Qur’an) 2 jp
2 Hizbul Wathan (HW) 2 jp
3 Tapak Suci 2 jp
4 Kokam 2 jp
5 TIK (Desain Grafis) 2 jp
  EkstrakurikulerPilihan  
1. Bimbingan prestasi MTQ/OSN 2 jp
2. Olahraga prestasi : Musik,Basket,Bola Volly 2 jp

Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap harisetelah KBMdengan jadwal tertentu disetiap harinya. Hal ini sebagaiupayauntukmenghilangkan kepenatan dan kejenuhan peserta didiksetelahmengikutikegiatan belajar mengajar di semua mata pelajaran.

Target pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMAMuhammadiyahAl-Mujahidin Wonosari adalah untuk mendapatkan kejuaraanpadaeven-evenperlombaan baik di tingkat Kabupaten, Propinsi maupunNasionaldengantarget “one studentonetrophy”.

Visi Misi

Kamis, 21/04/2016

Kurikulum

Kamis, 21/04/2016

Sejarah

Kamis, 21/04/2016

Aset Dan Fasilitas

Kamis, 21/04/2016

Profil Sekolah

Juma't, 22/04/2016

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

MUTIARA HADIST

Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Tidak Boleh Seseorang Iri Terhadap Orang Lain Kecuali Dalam Dua Hal Yaitu Seseorang Yang Diberi Pengertian Al Qur'an Lalu Ia Mempergunakannya Sebagai Pedoman Amalnya Siang-malam Dan Seseorang Yang Diberi Oleh Allah Kekayaan Harta Lalu Ia Membelanjakannya Siang-malam Untuk Segala Amal Kebaikan." Sifat Iri Yang Diperbolehkan