PEMBINAAN MAJELIS DIKDASMEN PP MUHAMMADIYAH, PROF. DR. H. BAEDOWI, M.SI DI SMA MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Admin Rabu, 16/09/2020 Utama 19 hits


Dokumen SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari 


            Wonosari- Rabu, 16 September 2020 SMA Muhammadiyah Al Mujahidin mendapat tamu kehormatan yaitu beliau bapak Prof. Dr. H. Baedhowi, M.Si., ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Beliau bapak Prof. Dr. H. Baedhowi, M.Si. juga merupakan salah satu dari penggagas berdirinya SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. Sebagai penggagas berdirinya sekolah, kedatangan beliau disini adalah dalam rangka silaturahmi meninjau perkembangan sekolah, sekaligus memberikan pembinaan dan arahan secara langsung pada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari.

Prof. Dr. H. Baedhowi, M.Si. merupakan tokoh yang selalu memberi support dan motivasi  sejak direvitalisasinya SMA Muhammadiyah Wonosari menjadi SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari. Sehingga melalui pembinaan yang diberikan, yang dihadiri pula oleh pimpinan Majelis Dikdasmen Gunungkidul Drs. H. Tamsir, M.Pd , tidak henti-hentinya beliau untuk memberi dukungan dan arahan kepada seluruh jajaran di SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari, baik itu kepala sekolah, guru maupun karyawan yang pada dasarnya memiliki semangat juang tinggi dalam melakukan ketugasan masing-masing di lingkungan sekolah persyarikatan Muhammadiyah ini.

Sebagai sosok yang lebih berpengalaman dalam menggeluti bidang pendidikan, Prof. Dr. H. Baedhowi, M.Si banyak memberikan realita pendidikan yang baiknya dilakukan oleh sekolah agar berhasil mencapai pergerakan yang maju. Apalagi dalam menjaga bahkan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di tengah cobaan pandemi covid-19 seperti saat ini adalah suatu tantangan yang agaknya tidak mudah. Namun, dengan tetap fokus menata kualitas dan mutu pendidikan disamping tetap taat pada asas ptotokol covid-19, insyaallah apa yang dikehendaki akan terwujud. Asalkan sejak awal untuk menuju kemajuan ini sudah ditetapkan niat yang yakin, selanjutnya perencanaan yang matang dan eksekusi di lapangan yang baik.

Prof. Dr. H. Baedhowi, M.Si menyampaikan bahwa dalam meningkatkan mutu pendidikan, beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah jangan sampai ada pembohongan publik mengenai hasil belajar anak, mengkomunikasikan semua yang berkaiatan dengan anak kepada orang tua. Harus ada hubungan tripartit antara guru, siswa dan orang tua wali siswa termasuk hal yang berikaitan apresiasi dan pemberitahuan kekuarangan siswa. Sedangkan tiga pokok penting yang perlu berikan kepada siswa antara lain yaitu karakter yang meiputi karakter moral, karakter kerja, karakter kebangsaan, numerasi yang berupa berpikir kreatif, inovatif, dan literasi yang memicu rasa penasaran berpikir kritis untuk tahu lebih akan banyak hal.

Selanjutnya pola pengajaran guru juga harus diperhatikan. Untuk memperbaiki kualitas pola pengajaran disini misalnya dapat dilakukan dengan teknik lesson study (plan, do, see) yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan rapat dewan guru untuk membahas permasalah berkaitan pola pengajaran tersebut. Sedangkan dalam upaya untuk peningkatan sekolah dapat dilakukan misalnya dengan melakukan study banding ke sekolah yang lebih maju maupun dengan teknik inhouse training.

Sejalan dengan apa yang beliau sampaikan bahwasanya silaturahmi adalah kunci untuk membangun kualitas pendidikan. Kedatangan Prof. Dr. H. Baedhowi, M.Si.  ke sekolah menjadi spirit yang luar biasa untuk keluarga besar SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari untuk mewujudkan visi SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari menjadi sekolah unggulan di tahun 2021. Selanjutnya sekolah juga akan selalu menindaklanjuti hal tersebut dengan tetap menjalin silaturahmi, baik dengan orang tua wali maupun dalam lingkungan yang lebih luas di keluarga besar persyarikatan Muhammadiyah.


(HIQ/GK)


Telah dibuka PPDB Gelombang Inden Tahun 2021-2022

Cp: Ustadzah Hasanah (+62 857-4052-6946)

Ustadzah Maya (+62 856-4748-4298)

Lets Join

: tanpa label

KOMENTAR

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.
...

Tautan

MUTIARA HADIST

Abu Dzar R.a., Dia Berkata, Rasulullah SAW., Bersabda, "Setiap Tulang Dan Persendian Badan Dari Kamu Ada Sedekahnya; Setiap Tasbih Adalah Sedekah, Setiap Tahmid Adalah Sedekah, Setiap Tahlil Adalah Sedekah, Setiap Takbir Adalah Sedekah, Setiap Amar Ma'ruf Adalah Sedekah Dan Setiap Nahi Munkar Adalah Sedekah. Maka, Yang Dapat Mencukupi Hal Itu Hanyalah Dua Raka'at Yang Dilakukannya Dari Shalat Dua." Kekuatan Sholat Dhuha