BAITUL ARQAM PESERTA DIDIK KELAS XII SMA MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN GUNUBGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Admin Selasa, 04/05/2021 Utama 212 hits


Wonosari -  Selasa, 4 Mei 2021 SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul menggelar kegiatan Baitul Arqam untuk peserta didik kelas XII bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gunungkidul, yang sekaligus dalam hal ini menjadi Master of Training. Baitul Arqam sendiri merupakan salah satu bentuk atau model pengkaderan Muhammadiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi, kepemimpinan untuk membentuk kesamaan serta kesatuan sikap, integritas, wawasan, cara berpikir dan bertindak di kalangan pimpinan maupun anggota Muhammadiyah.

Kegiatan ini diikuti secara tatap muka langsung oleh mayoritas peserta didik kelas XII dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, dan bagi peserta didik yang berdomisili di luar Gunungkidul mengikuti acara tersebut melalui Google Meet. Kegiatan Baitul Arqam ini adalah salah satu rangkaian kegiatan yang digelar dalam rangka membekali peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul yang akan lulus di tahun pelajaran 2020/2021. Kegiatan Baitul Arqam ini mengusung tema “Optimalilasi Nilai Kemuhammadiyahan untuk Membentuk Kader Militan dan Berkemajuan”, yang mana setelah kegiatan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Manasik Haji pada hari berikutnya.

Acara Baitul Arqam dimulai pada pukul 08.00 WIB, diawali dengan sambutan kepala sekolah SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul, Bapak Wahyudi, S.Pd. I.,M.S.I yang menyampaikan pengantar dan motivasi kepada peserta didik. Sebelum masuk ke acara inti, peserta didik terlebih dahulu diarahkan untuk mengerjakan soal pretest yang dilanjutkan dengan pengenalan atau orientasi tentang kegiatan Baitul Arqam itu sendiri.

Tepat pukul 09.00 WIB kegiatan inti dimulai dengan penyampaian materi oleh Bapak Nuryanto Ruaidi, M.Ag dengan materi Ideologi Muhammadiyah. Berikutnya dilanjutkan dengan materi kedua oleh Bapak KH. Sholihin, MA dengan materi Paham Agama dalam Muhammadiyah. Setelah Sholat Dzuhur secara berjamaah, kegiatan kembali dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Peran Kader Muhammadiyah di Era Global yang sekaligus menjadi materi terakhir.

Secara umum, rangkaian kegiatan ini berjalan lancar tanpa kendala suatu apapun. Adapun setelah penyampaian materi terakhir tersebut, kegiatan ditutup dengan Sholat Ashar secara berjamaah. Walaupun dalam kondisi sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan,  peserta didik Kelas XII yang mengikuti acara ini tetap bersemangat menyimak mengikuti kegiatan sampai akhir.  Dengan terselenggaranya kegiatan Baitul Arqam ini, sekolah berharap kepada seluruh peserta didik kelas XII yang akan lulus dari SMA Muhammadiyah Al Mujahidin agar dapat menjadi kader-kader penerus di Muhammadiyah dan membawa kemajuan di masa mendatang.

 

: tanpa label

KOMENTAR

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

Tautan

MUTIARA HADIST

Rasulullah Bersabda, 'Barangsiapa Berjalan Memenuhi Keperluan Saudaranya Dan Menyampaikan Keinginannya, Maka Itu Lebih Besar (pahalanya) Daripada Iktikaf Di Masjid Selama 10 Tahun, Sedangkan Orang Yang Iktikaf Satu Hari Untuk Mencari Keridhaan Allah, Maka Allah Akan Jadikan Penghalang Antara Ia Dan Neraka Tiga Parit Yang Jauhnya Lebih Dari Dua Ufuk Timur Dan Barat'. Membahagiakan Saudara Kita