PENENTUAN ARAH KIBLAT DAN PENGUKURAN MASJID AR FAHRUDIN SMA MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN WONOSARI

Admin Juma't, 04/06/2021 Utama 69 hits


Penentuan Arah Kiblat dan Pengukuran Luas Masjid Ar Fahrudin

Wonosari- Dalam ajaran Islam, mengadap ke arah kiblat atau bangunan Ka'bah yang berada di Masjidil Haram adalah merupakan tuntutan syariah dalam melaksanakan ibadah tertentu. Menghadap kiblat juga merupakan ibadah sunah ketika tengah azan, berdoa, berzikir, membaca Al-Quran, menyembelih binatang dan sebagainya. Untuk itulah, pada Jum’at, 4 Juni 2021, SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari bekerja sama dengan KEMENAG  (Kementrian Agama) Kabupaten Gunungkidul mengadakan pengukuran arah Kiblat Masjid Ar Fahrudin guna memenuhi tuntunan tersebut.

Pembangunan masjid baru di lingkungan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari yang hingga saat ini telah mendapatkan wakaf dan bantuan dengan total Rp352.384.500,00., sebentar lagi akan masuk dalam tahap pembangunan awal. Sehingga sebelum pembangunan tersebut dimulai, pengukuran arah Kiblat Masjid menjadi pedoman awal untuk pembangunan tersebut agar tepat dalam mengadap ke arah kiblat atau bangunan Ka'bah yang berada di Masjidil Haram. Alhamdulillah pihak dari KEMENAG Kabupaten Gunungkidul yang diwakili oleh Bapak Giyatno siang ini telah berhasil melakukan pengukuran arah kiblat di tanah area tempat akan dibangun Masjid Ar Fahrudin tersebut.

Usai penentuan arah Kiblat dilangsungkan, agenda selanjutnya yang dilakukan oleh tim pembangunan Masjid Ar Fahrudin SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari adalah pengukuran luas masjid yang akan dibangun. Tidak sendiri, tim pembangunan disini didampingi oleh tim perwakilan dari pihak Arab Saudi yang telah memberikan bantuan sebesar Rp170.000.000,00 untuk pembangunan ini.

Penentuan arah kiblat dan luas masjid yang telah diaksanakan tersebut menjadi langkah baru dan titik awal dalam proses pembangunan Masjid Ar Fahrudin. Proses selanjutnya yang akan dilakukan adalah peletakan batu pertama yang akan dilangsungkan pada pekan depan. Semua ini tidak akan terwujud tanpa doa dan bantuan dari semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, baik dari pihak Arab Saudi yang telah memberikan bantuan begitupun para pewakaf dalam Program Shodaqoh Jariyah pembangunan masjid yang mampu mengumpulkan sebesar Rp182.384.500,00. Semoga wakaf yang diberikan untuk pembangunan Masjid Ar Fahrudin SMA Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari tersebut menjadi amal jariyah bagi seluruh pewakaf dan pembangunan masjid dapat segera terselesaikan dengan lancar. Aamiin.

: tanpa label

KOMENTAR

Jajak Pendapat

Informasi yang disajikan dalam situs ini menurut Anda ?

Kolom Guru

  • Data tidak atau belum tersedia.

Tautan

MUTIARA HADIST

Ibnu Umar Ra. Berkata : Rosululloh Saw. Bersabda : Islam Didirikan Atas Lima Sendi : Menyaksikan Dan Percaya Bahwa Tiada Tuhan Kecuali Allah Dan Nabi Muhammad Utusan Allah, Dan Mendirikan Sholat Dan Mengeluarkan Zakat, Dan Haji Ke Baitullah, Dan Puasa Di Bulan Ramadhan Kewajiban Zakat Dan Puasa