PENGURUS BOARDING SCHOOL
SMA MUHAMMADIYAH AL MUJAHIDIN
MUATAN KURIKULUM BOARDING
1. Kurikulum Umum
Kurikulum Umum Boarding School mengacu pada kurikulum Nasional yang telah ditetapkan oleh Kementrian Pendididikan dan Kebudayaan.
2. Kurikum Boarding School
A. Pokok
1. Tahfidzul Qur’an
Kegiatan Tahfidzul Qur’an adalah kegiatan untuk mencapai tujuan menghafal ayat dan surat-surat dalam Al-Qur’an. Target Tahfidzul Qur’an Boarding School SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari:
a. Santri menghafal minimal 1 juz setiap semester
b. Santri menghafal minimal 6 juz selama belajar di SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari dengan mutqin
c. Santri memiliki kebiasaan mengulang-ulang hafalan Al-Qur’an
d. Santri dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar disertai dengan tartil
e. Santri memiliki karakter cinta Al-Qur’an
2. Tahfidzul Hadits
Tahfidzul hadits adalah kegiatan menghafal hadits-hadits nabi Muhammad SAW. Teknis kegiatan tahfidzul hadits adalah sebagai berikut ini:
· Santri diberikan beberapa hadits pilihan pada ba’da maghrib
· Santri menirukan bacaan hadits ustadz ataupun pembimbing
· Santri menghafalkan hadits secara mandiri
· Santri menyetorkan hafalan hadits di pagi hari setelah setor hafalan Al-Qur’an
Target tahfidzul hadits Boarding School SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari:
a. Santri menghafal 100 hadits Nabawi pendek
b. Santri dapat menerjemahkan 100 hadits
c. Santri dapat mensyarah isi dan kandungan hadits
d. Santri dapat mengamalkan kandungan hadits
3. Bahasa Arab
Mata Pelajaran Bahasa Arab terdiri dari beberapa komponen berikut:
· Muhadatsah
· Qiro’ah dan Kitabah
· Nahwu
· Sharaf
Target mata pelajaran bahasa Arab di Boarding School SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin adalah:
· Santri memahami kaidah dasar nahwu dan sharaf
· Santri dapat berkomunikasi dengan bahasa Arab
· Santri dapat menyampaikan pidato dengan bahasa Arab
· Santri mampu membaca kitab kuning
· Santri mampu menulis dan membaca teks arab dengan baik dan benar
4. Aqidah
Mapel Aqidah berisi tentang keimanan beserta cabang-cabangnya. Buku muqarrar mapek Aqidah disampaikan dengan bahasa Arab. Kitab yang digunakan untuk maple aqidah ini adalah Aqidatul Awwam. Target Mapel Aqidah adalah:
· Memahami aqidah islamiyyah yang benar
· Santri dapat mengamalkan aqidah yang benar
· Santri memperoleh perbendaharaan kosa kata bahasa Arab
5. Fikih
Fikih adalah mata pelajaran yang berisi tentang hokum-hukum Islam dan Muamalah. Kitab yang digunakan adalah kita mabadiul Fiqhiyah. Target dari maple Fikih ini adalah:
· Santri memahami dasar-dasar hokum Islam
· Santri dapat melakanakan ibadah dan muamalah dengan benar seuai syariat islam
· Santri memperoleh perbendaharaan kosa kata bahasa Arab
6. Shirah Nabawi
Shirah nabawi adalah Mapel yang berisi tentang sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW. Kitab yang digunakan adalah kitab khulashatu Nuril Yaqin. Target mapel ini adalah:
· Santri memahami sejarah perjalanan nabi Muhammad SAW
· Santri dapat mengambil hikmah sejarah nabi Muhammad SAW
· Siswa memperoleh tambahan perbendaharaan kata bahasa Arab
7. Al-Qur’an
Mapel Al-Qur’an berisi tentang pengantar ilmu Al-Qur’an (tafsir dan usul tafsir), serta studi tentang ayat-ayat pilihan. Target Mapel Al-Qur’an adalah sebagai berikut:
· Memahami dasar-dasar ilmu Al-Qur’an
· Memahami kandungan ayat-ayat pilihan
· Siswa memperoleh tambahan perbendaharaan kata bahasa Arab
8. Hadits
Mapel Hadits berisi tentang ilmu musthalahah hadits. Target Mapel Hadits ini adalah sebagai berikut:
· Santri memahami ilmu tentang musthalahah hadits
· Santri memperoleh tambahan perbendaharaan kata bahasa Arab
9. Kemuhammadiyahan
Target mapel Kemuhammadiyahan adalah:
· Santri memahami organisasi Muhammadiyah
· Santri aktif di organisasi otonom Muhammadiyah
B. Tambahan
1. Khitabah Mimbariyah
Khitabah Mimbariyah adalah kegiatan untuk melatih kemampuan santri dalam berpidato, kultum maupun ceramah. Dalam kegiatan khitabah mimbariyyah ini, santri akan dilatih untuk berpidato dengan bahasa Indonesia, Inggris dan Arab. Khitabah mimbariyah dilaksanakan secara intensif satu kali dalam sepekan. Santri diberikan kesempatan secara bergilir untuk menyampaikan kultum di masjid pada waktu ba’da Isya’.
2. Tahsinul/ Tilawatil Qur’an
Tahsinul Qur’an diberikan kepada santri untuk meningkatkan kwalitas bacaan Al-Qur’an baik dari segi tajwid maupun tartilnya. Tahsinul Qur’an dilaksanakan dalam 2 bentuk yaitu:
· Tahsinul Qur’an intensif bagi santri baru
· Tahsinul Qur’an rutin pada jam KBM Tahfidzul Qur’an
Adapun tilawatil Qur’an adalah esktra seni baca Al-Qur’an yang dapat dipilih oleh santri pada kegiatan esktrakurikuler. Tujuan tilawatil Al-Qur’an adalah dapat membaca Al-Qur’an dengan seni tilawah.
3. Muroja’atul Qur’an
Muroja’atul Qur’an adalah kegiatan mengulang hafalan Al-Qur’an untuk menjaga hafalan Al-Qur’an yang sudah didapatkan. Muroja’atul Qur’an diberikan dalam 2 bentuk yaitu:
· Muroja’ah mandiri
Dalam muroja’ah mandiri santri mengulang-ulang hafalan dengan cara membaca secara mandiri. Kegiatan santri dikontrol dengan buku kemajuan yang diberikan kepada santri dan ditandatangi pembimbing setiap ba’da shubuh.
· Muroja’ah dengan setor kepada pembimbing
Muroja’ah dengan setoran adalah muroja’ah hafalan dengan cara menyetorkan kembali kepada pembimbing. Secara bergilir santri dijadwal untuk menyetorkan kembali hafalan secara periodik
4. Tahfidzul Mahfudzat
Kegiatan tahfidzul Mahfudzat adalah kegiatan menghafal mahfudzat-mahfudzat bahasa Arab yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan kebahasaan, mengambil hikmah dari mahfudzat, dan menambah kosa kata bahasa Arab. Kegiatan ini diberikan di apel pagi menjelang berangkat sekolah.
5. Bimbel
Bimbingan Belajar adalah bimbingan tambahan yang diberikan kepada santri. Tujuannya adalah meningkatkan dan menuntaskan pembelajaran khusus Mapel UJian Nasional.
FASILITAS
Untuk menunjang kenyaman pembelajaran dan kegiatan kepondokan, SMA Muhammadiyah Al Mujahidin menyediakan fasilitas berikut ini:
1. Masjid
2. Asrama Putra (kapasitas 40 santri)
3. Asrama Putri (kapasitas 48 santri)
4. Ruang makan
5. Koperasi
6. Lapangan Olahraga
7. Lab Komputer
8. Perpustakaan
SMA Muhammadiyah Al Mujahidin terus berupaya memenuhi fasilitas demi kelancaran kegiatan di lingkungan pondok, berikut ini adalah progress pembangunan dan penambahan fasilitas kepondokan: